Saad

Bekerja di SDN Kaliwiru Semarang...

Selengkapnya
Navigasi Web
ISLAM AGAMA RAHMAT

ISLAM AGAMA RAHMAT

#TAGUR 4

Islam adalah agama yang penuh dengan rahmat, karena memang diturunkan oleh Allah Yang Maha Rahman. Sebagai agama yang terakhir dan sudah diridhai oleh-Nya, maka semua hal tentang kehidupan manusia, ada tuntunan dari-Nya.

Allah Yang Maha Rahman telah menurunkan al-Qur’an sebagai pedoman, petunjuk, rahmat, dan obat bagi semua manusia. Di dalamnya memuat berbagai macam pelajaran dan hikmah dari kehidupan. Oleh karena itu, seyogyanyalah kita mendalaminya untuk mendapatkan rahmat dalam kehidupan ini, sehingga terbebas dari berbagai kesusahan dan kesedihan yang terus menerus.

Sebagai agama rahmat, Islam memiliki banyak nilai yang menjadi solusi dalam menjalani kehidupan ini. Di antara bentuk rahmatnya yaitu perintah untuk selalu berbuat baik kepada siapapun, terlebih kepada kedua orang tua. Selain itu juga perintah untuk memberi pertolongan kepada orang yang membutuhkan dengan tanpa membedakan suku, ras, agama, etnis, warna kulit, dan sebagainya. Kerahmatan Islam juga terlihat dalam perintah pemeliharaan dan pelestarian lingkungan. Karena hal tersebut menjadi tumpuan dalam kehidupan manusia. Hal ini bisa dilihat ketika fath al-Makkah, umat Islam dilarang memotong pepohonan yang merupakan bentuk dari pelestarian lingkungan.

Hal yang paling pokok dalam kerahmatan Islam adalah keyakinan yang ada dalam Islam. Keyakinan yang dimaksud yaitu sistem keyakinan yang terdiri dari Islam, Iman, dan Ihsan. Dengan adanya sistem keyakinan yang dimiliki Islam tersebut menjadi solusi utama dalam menjalani kehidupan di muka bumi, karena sistem keyakinan tersebut membangun jiwa manusia untuk selalu berada dalam kefitrahannya. Sehingga dengan kefitrahan tersebut menjadikan seseorang selalu dalam kebaikan menyikapi berbagai hal yang dihadapinya. Maka, tak heran jika dalam hadits disebutkan bahwa orang beriman itu mengagumkan. Kala mendapat ni’mat, ia bersyukur dan kala mendapat musibah, ia bersabar, maka kedua-duanya adalah kebaikan baginya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap. Ayo latihan swasunting ya. Beberapa belum pas lho Mas.

04 Jul
Balas

hehe..iya Bu. Makasih banyak

04 Jul



search

New Post